Generic Banner

Sabtu, 22 September 2018

Praktek Membuat Bolu Kukus Karakter Lucu

Hiii... Lucuuuuu yha kuenya..... ?!!
Ini adalah kue bolu kukus karakter buatan Yiping.
Melihat bentuknya yang mungil dan lucu.... rasanya gak tega kalau mau memakannya.

Tapi masak Iya sich... kue-kue mungil yang lucu ini buatan Yiping...?

Yups .... memang betul kue-kue ini buatan Yiping anak bungsuku yang baru kelas 4 SD.

Hari minggu itu rupanya menjadi hari yang jadi hari Istimewa karena menambah pengetahuan dan menambah pengalaman.

Hari itu sebetulnya Yiping sudah mulai merajuk minta dibelikan bahan-bahan untuk membuat Slime.
Yiping memang seneng banget membuat slime. Slime-slime hasil karyanya dibeli dengan menyisihkan sebagian uang jajannya. Slime itu merupakan  hasil praktek dari Youtube yang dilihatnya. kadang berhasil kadang harus kecewa juga karena apa yang dlihatnya ternyata tidak membuahkan hasil sepertu yang di bayangkan.



Tetapi Yiping bangga bila berhasil membuatnya dan lebih bangga lagi bila hasil karyanya tersebut dibeli dengan duitnya sendiri. Karena kalau dengan duitnya sendiri maka kalau dia gagal, Yiping tidak mempunyai beban mental.

Yiping memang seneng bereksperimen dan tidak kecewa atau putus asa jika memang tak berhasil. Yang dilakukan ketika gagal adalah... ulangi lagi dan coba lagi.

So..... kenapa slime nya tak diwujudkan dalam bentuk karya  eksperimen yang lebih bermanfaat....? daripada uangnya mubadzir karena buat bikin slime, mendingan buat praktekin bikin kue. Kalau toh gagal.... kuenya tetep bisa dimakan hehehe....

Siang itu akhirnya kami berdua mulai browsing dari youtube, mencari resep yang kira-kira gampang dikerjakan, anti gagal dan oke punya.

Dari beberapa youtube yang kami tonton akhirnya kami putuskan untuk membuat bolu karakter, karena kuenya bentuknya lucu dan menggemaskan. Setelah melihat beberapa pilihan resep bolu kukus. Akhirnya kami mengambil resep sebagaimana berikut :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
150 gr tepung terigu
150 gr gula pasir
80 ml susu cair
2 butir telur
1/2 sdt Baking Powder
1 sdt SP/ovalet
1 sdt vanili
dan pewarna
beberapa kantong platik segitiga
cetakan karakter

Cara membuat :
Pertama-tama siapkan wadah yang akan dipergunakan untuk mengocok telur. Selanjutnya kita masukkan dua butir telur, gula, SP dan bak powder.

Kocok hingga mengembang dan putih kental. Lalu masukkan tepung terigu, vanili dan susu cair selang seling dan aduk supaya bercampur rata.

Selanjutnya adonan dibagi  ke dalam beberapa wadah
.
Masing-masing wadah yang berisi adonan, diberi warna sesuai selera. Sebaiknya tetap biarkan satu bagian adonan tanpa warna sebagai adonan utama, jadi porsi adonan sebaiknya yang lebih banyak dari adonan dengan warna yang lain

Kemudian semua bahan yang sudah diwarnai masing-masing dimasukkan ke dalam kantong plastik segitiga.

Olesi cetakan karakter dengan minyak sayur menggunakan kuas.

Cetakan yang dipergunakan boleh cetakan apa saja. Kami menggunakan cetakan puding berbendtuk karakter hello kitty dan donal bebek.

Selanjutnya kita bisa mengisi cetakan dengan warna yang sesuai.

Yiping telaten sekali untuk urusan
pemberian warna ini

Dia memberikan adonan sesuai dengan lekuk-lekuk dalam cetakan. Selanjutnya cetakan dipenuhi dengan adonan warna lainnya hingga hampir penuh, kemudian kukus dengan api kecil selama 10 menit dengan alat pengukus (dandang)

Sebaiknya saat mengukus,  tutup dandang dilapisi dengan dengan serbet agar airnya tidak menetes pada adonan.
Setelah 10 menit biasanya sudah matang.

Cara mengetahui bahwa kuenya sudah matang adalah kue ditusuk dengan ditusuk tusuk gigi atau tusuk sate. Bila lidi tersebut tetap bersih tidak ada adonan yang menempel berarti kuenya sudah matang.

Adonan bisa diambil dari kukusan dan lepaskan dari cetakan dengan cara di balik selagi masih panas.

Sebaiknya kue dikeluarkan dari cetakan selagi panas. Karena kalau sudah dingin maka ada bagian kue yang menempel pada cetakan dan itu menyulitkan saat cetakan dibersihkan karena cetakannya memiliki lekuk-lekuk yang kecil. Tetapi kalau kalian menggunakan cetak yang tidak terlalu rumit, atau agak besar mungkin gak harus segera dikeluarkan selagi panas.


Kue-kue Bolu Kukus Karakter cantik hasil karya yiping ini bukan berarti kue yang memang mulus yha.... (karena masih belajar). Banyak juga kue hasil karyanya yang kurang catik hasilnya atau gagal karena patah saat dilepas. Bahkan ada yang lengket pada alas dandang karena kelupaan gak nambah air pada dandang.  Tetapi Yiping tetap bahagia dan bangga dengan hasil karyanya. Suatu saat nanti akan diulang kembali hingga mendapatkan hasil kue yang 100 % cantik semua.

Nah... adik-adik... Cobain yuuk...!!
Jelek atau gagal gak papa, karena ini akan menjadi pengalaman dan merupakan suatu ilmu dan eksplorasi ketrampilan yang suatu saat bisa menghasilkan uang.

Yuuk mari kita berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Generic Banner